Cara Mudah untuk Membuat Irit Bahan Bakar dengan Maksimal

Cara mengemudi adalah salah satu faktor terbesar dalam menentukan seberapa banyak konsumsi bahan bakar mobil Anda. Nah dibawah ini beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar penggunaan bahan bakar mobil Anda menjadi lebih irit:

Mobil Irit Bahan Bakar

  1. Pastikan mobil Anda berada dalam keadaan prima terutama mesinnya dan pada saat memanaskan mesin tidak perlu berlama-lama memanaskan berlebihan hanya akan memboroskan bahan bakar. Mesin jaman sekarang sudah dirancang untuk tidak melakukan pemanasan yang terlalu lama. Anda bisa memanaskan mobil hanya dalam 30-60 detik saja.
  2. Kurangi beban. Keluarkan barang-barang yang tidak perlu di dalam mobil Anda. Tanpa anda sadari tiap 100 kg barang bawaan di mobil, rata-rata akan memboroskan konsumsi bahan bakar rata-rata hingga 1-2 km/ liter. Bobot yang berat juga hanya akan memperlambat akselerasi serta memperburuk pengendalian. Untuk itu bawalah hanya barang-barang yang penting di mobil dan tidak penting bisa ditinggalkan.
  3. Atur Suhu AC. Tidak sampai harus kedinginan, atur suhu AC sesuai kebutuhan Anda. Menyalakan AC dengan pendinginan maksimal akan memperburuk konsumsi bahan bakar, padahal seringkali Anda tidak membutuhkan kondisi suhu sedingin itu. Aturlah sesuai yang Anda inginkan dan butuhkan.
  4. Jaga kecepatan mobil konstan. Jangan lakukan akselerasi mendadak. Akselerasi adalah salah satu utama yang memboroskan konsumsi bahan bakar, semakin sedikit berakselerasi, akan semakin irit pula pemakaian bahan bakar mobil kita. Untuk itu berakselerasilah secara halus, ketika mulai menjalankan kendaraan. Di transmisi otomatis menginjak pedal gas secara halus juga akan menurunkan putaran mesin saat berpindah gigi, sehingga mereduksi pemakaian bahan bakar. Jika sudah berjalan lajukan kecepatan mobil secara konstan, untuk menghindari akselerasi yang memboroskan bahan bakar.
  5. Hindari Rem Mendadak. Sebagus apapun sistem pengereman di mobil Anda, jangan lakukan pengereman mendadak. Karena pengereman ternyata bisa memperboros bahan bakar. Kenapa mengerem mendadak bisa memboroskan padahal mengerem tidak membutuhkan bahan bakar. Jawaban ada pada energi sebelum serta setelah anda mengerem mendadak. Salah satu untuk mengurangi pengereman mendadak adalah dengan mengatur jarak kendaraan. Tentu saja jika demi keselamatan jika keadaan darurat selalu boleh menginjak rem dalam-dalam apabila mobil Anda sudah di lengkapi ABS.
  6. Atur Putaran Mesin. Atur putaran mesin pada saat memindahkan gigi manual jangan terlalu tinggi, jangan terlalu rendah. Semakin tinggi putaran mesin saat berpindah gigi semakin banyak pula bahan bakar terbuang. Dilain sisi memindahkan gigi di putaran mesin terlalu rendah juga akan membuat mobil kehilangan momen dan tenaga sehingga membutuhkan energi lebih banyak untuk mengkompensasinya.
  7. Gunakan Engine Brake. Engine brakedengan menurunkan gigi akan menurunkan gigi akan membuat putaran mesin akan menjadi tinggi. Itu ada benarnya. Namun saat engine brake atau pengereman dengan mesin setinggi apapun putaran mesin bahan bakar yang dikeluarkan adalah nol. Hal itu berlaku mesin untuk injeksi elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>