8 Street Food Terbaik di Tokyo

Tokyo bukan hanya menjadi ibu kota Jepang tetapi juga menjadi pusatnya beragam kuliner unik di Jepang. Tokyo bahkan menyandang predikat kota dengan restoran berbintang Michelin terbanyak di dunia dengan 302 restoran.

Selain restoran bertabur bintang Michelin, Anda juga dapat menemukan berbagai kuliner khas Jepang yang nikmat di jalanan Tokyo yang bermandikan cahaya neon. Bahkan para traveler pun sengaja memasukkan street food hunting dalam itinerary mereka selama di Tokyo. Sebagai panduan bagi Anda, berikut beberapa street food yang wajib Anda coba saat berada di Tokyo.

Dango

  • Dango

Dango adalah makanan ringan populer di Jepang. Terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi bola, Dango disusun dan dipanggang dalam tusuk sate. Menikmati dango tidak lengkap apabila tidak dilumuri saus manis asin yang kental. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang smokey, asin, serta manis membuat dango menjadi pilihan tepat sebagai hidangan perkenalan Anda dengan street food Tokyo. Harganya pun tergolong murah

  • Tempura

Beranjak dari Dango yang asin dan manis, Anda wajib mencoba tempura yang merupakan hidangan ringan Jepang yang dicintai dunia. Tempura adalah seafood atau sayuran yang digoreng secara deep-fried dengan lapisan adonan tepung khusus hingga berwarna keemasan. Teksturnya yang renyah di luar namun lembut di dalam membuat tempura menjadi menu wajib setiap Anda bersantap kuliner di Tokyo.

  • Takoyaki

Satu lagi makanan rakyat Jepang yang populer hingga ke Indonesia. Takoyaki adalah adonan tepung yang dicampur dengan daun bawang, jahe, bawang putih, serta diisi potongan daging gurita yang kenyal dan segar. Adonan ini dipanggang diatas loyang berbentuk bola untuk menghasilkan bentuknya yang khas.

Takoyaki disajikan bersama dengan saus khusus, mayones, dan serutan daging ikan bonito yang telah dikeringkan. Renyah di luar namun kenyal di dalam, cita rasanya yang gurih dengan sedikit sentuhan rasa manis, membuat satu porsi takoyaki tidak pernah cukup. Namun, hati-hati saat memakannya karena adonan di dalamnya akan terasa sangat panas jika dimakan langsung

  • Ikayaki

Pecinta seafood tidak boleh melewatkan ikayaki. Hidangan yang mudah ditemukan di berbagai tempat ini terbuat dari cumi-cumi utuh yang dibakar dengan dilumuri saus kecap asin manis. Rasanya yang asin serta manis ditambah dengan aromanya yang harum membuat ikayaki menjadi menu favorit warga Tokyo. Apabila Anda sedang berkunjung ke Tsukiji Fish Market, maka Anda dapat merasakan ikayaki dengan daging cumi yang masih segar sehingga teksturnya lebih kenyal.

  • Tamagoyaki

Tamagoyaki adalah telur dadar dengan bumbu garam dan gula. Telur ini dimasak di atas loyang berbentuk persegi, selapis demi selapis sembari digulung menggunakan sumpit. Cara memakannya pun sangat mudah karena disajikan dalam satu tusukan bambu. Berbeda dengan sajian telur pada umumnya, Tamagoyaki memiliki cita rasa manis nan gurih.

  • Beef manchikatsu

Bagi Anda yang menyukai sajian deep-fried maka beef manchikatsu adalah menu yang wajib Anda coba. Beef manchikatsu terbuat dari daging sapi wagyu yang dibumbui dengan bumbu sederhana yaitu bawang, garam, dan lada. Dibentuk menjadi patty, kemudian patty tersebut dilumuri dengan tepung panko dan digoreng hingga menjadi coklat keemasan. Meskipun bumbu yang digunakan terbilang sederhana, namun daging wagyu yang lembut nan juicyiniterasa sempurna berpadu dengan tepung panko yang renyah. Sehingga dapat membuat Anda jatuh cinta pada gigitan pertama.

  • Crepes

Meskipun bukan makanan yang berasal dari Jepang, tetapi crepes di Tokyo memiliki ciri khasnya sendiri. Anda dapat menuju ke daerah Harajuku dan merasakan crepes bergelimang topping yang bukan saja nikmat, tetapi juga Instagram-able. Anda dapat dengan mudah menemukan crepes dengan topping es krim, saus karamel, plus sepotong cheesecake.

  • Matcha gelato

Jepang merupakan kiblat bagi hidangan berbahan matcha di dunia. Kini, matcha pun turut diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Bagi Anda yang mengunjungi Tokyo, maka Anda wajib mencicipi kenikmatan matcha gelato. Tekstur gelato yang padat, creamy, dan lembut bercampur mesra dengan rasa matcha yang cenderung manis. Hal ini akan membuat pengalaman kuliner Anda selama berada di Tokyo semakin lengkap.

Bagi Anda yang sudah tidak tahan ingin merasakan kenikmatan kuliner jalanan Tokyo, tidak perlu khawatir karena kini banyak maskapai penerbangan yang menyediakan tiket dengan harga terjangkau. Bahkan beberapa maskapai, seperti ANA, membuka penerbangan langsung dari Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Segera tetapkan tanggal keberangkatan Anda ke Tokyo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>